Kenali Ciri Payudara Yang Sehat

Kenali Ciri Payudara Yang Sehat

Kanker payudara adalah momok yang hingga saat ini selalu mengintai para wanita. Siapa saja bisa terkena kanker payudara. Oleh karena itu, kesehatan payudara perlu terus dijaga agar bisa terhindar dari penyakit mematikan ini. Lalu bagaimana sih ciri payudara yang sehat ?

Ciri pertama payudara yang sehat adalah tidak terdapat benjolan. Benjolan yang timbul di sekitar payudara dapat menjadi indikasi adanya tumor ataupun kista, baik itu yang masih jinak maupun yang sudah berkembang menjadi tumor/kista ganas. Jika ada benjolan pada sekitaran payudara lebih dari enam minggu, segera periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Ciri kedua  adalah tidak mengeluarkan cairan. Satu-satunya cairan sehat yang diproduksi oleh payudara adalah ASI, jika pada bagian payudara mengeluarkan cairan berwarna bening, hijau taupun merah, segera periksakan ke pihak medis. Biasanya tanda-tanda tersebut merupakan tanda awal penyakit berbahaya seperti kista, tumor maupun kanker.

Ciri ketiga adalah payudara tidak terasa sakit ketika disentuh. Banyak yang menganggap remeh hal ini, padahal payudara yang terasa sakit ketika tersentuh bisa menandakan adanya indikasi penyakit berbahaya.

Ciri terakhir adalah tidak adanya perubahan pada kulit payudara. Kulit yang sehat disekitaran payudara juga dapat menandakan kondisi kesehatan payudara. Terkadang payudara yang tidak sehat dapat menimbulkan beberapa reaksi seperti kulit kering, bersisik, kemerahan, berkerut hingga gatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *