4 Fakta Mengenai Menguap, Tidak Selalu Mengantuk

4 Fakta Mengenai Menguap, Tidak Selalu Mengantuk

Menguap artinya mengantuk, itulah anggapan yang di berikan orang-orang ketika melihat orang lain menguap. Anggapan mengantuk seperti itu sering di berikan kepada orang yang sering menguap. Padahal, menguap belum tentu itu di sebabkan oleh kantuk.

Beberapa fakta yang muncul mengenai menguap justru mengungkapkan hal yang tidak pernah kita ketahui. Apa saja ya? Mari kita bahas.

1. Menguap adalah pertanda tubuh memerlukan oksigen

Saat karbondioksida yang terdapat dalam darah meningkat, tubuh akan membutuhkan lebih banyak oksigen yang masuk dalam tubuh untuk mengurangi karbondioksida dalam darah. Cara tubuh untuk mendapatkan oksigen lebih banyak adalah dengan menguap.

Menguap merupakan refleks alami tubuh untuk mendapatkan lebih banyak oksigen untuk darah. Di saat yang bersamaan, gendang telinga dan saluran pernapasan akan terjadi peregangan.

2. Menguap bisa menular

Beberapa orang terutama kamu pastinya pernah merasakan yang namanya menguap secara bersamaan dengan teman atau orang terdekat kamu. Ketika di sekitar kita terdapat orang yang sedang menguap, secara tiba-tiba kita juga merasa ingin ikut menguap seolah-olah sedang tertular. Hal ini bukan hal yang tabuh. Menguap memang bisa menular, terutama untuk sebagian orang yang memiliki kedekatan sosial. Bahkan hal ini akan semakin parah jika orang tersebut memiliki kedekatan emosional.

3. Menjaga suhu otak

Sama hal nya dengan mesin, otak manusia juga akan terasa panas jika di gunakan terus menerus. Cara tubuh untuk menjaga suhu otak adalah dengan menguap. Selain memberikan pasokan oksigen tambahan, menguap juga menjadi salah satu pertanda bahwa tubuh kita sedang berusaha untuk mengoptimalkan konsentrasi. Oksigen yang masuk saat menguap dapat mendinginkan otak. Suhu otak yang stabil bisa membuat kita kembali berkonsentrasi kembali dan dapat menjalankan aktivitas dengan baik.

4. Menguap bisa menjadi pertanda suatu penyakit

Tanpa kita sadari, ternyata menguap yang merupakan refleks alami tubuh ini malah bisa menjadi pertanda dari suatu penyakit dalam tubuh. Menguap akibat kekurangan pasokan oksigen adalah hal normal, namun jika terus menerus menguap justru harus segera di cek. Hal ini bisa menjadi pertanda adanya suatu penyakit seperti kelelahan, gangguan pernapasan, hipotensi, stroke, dan penyakit jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *