Makanan terbaik Untuk Ibu Yang sedang Menjalani Program Kehamilan

Makanan terbaik Untuk Ibu Yang sedang Menjalani Program Kehamilan

Makanan sehat akan sangat penting untuk kamu yang sedang menjalankan program kehamilan.

Untuk kamu yang saat ini tengah berusaha untuk mendapatkan momongan, dan menjalani masa program kehamilan. Bukan hanya organ reproduksi saja yang harus di perhatikan kesehatannya, tapi kamu juga harus memperhatikan asupan nutrisi yang di perlukan untuk tubuh kamu.

Mengkonsumsi makanan yang sehat merupakan pilihan yang tepat, karena makanan sehat yang kamu konsumsi akan memberikan nutrisi dan energi  yang baik untuk tubuh.

Makanan yang sehat tentunya juga akan memiliki dampak pada tubuh untuk mengatur hormon yang memiliki peran penting dalam kesuburan organ reproduksi.

Berikut ini akan kami baikan beberapa makanan yang wajib menjadi menu harian kamu saat menjalani Program Kehamilan.

1. Telur

Telur selain harganya yang relatif murah dan muda di  jumpai, ternyata telur adalah sumber protein terbaik untuk tubuh. Tidak hanya protein, telur juga menyimpan berbagai nutrisi lainnya seperti vitamin A, vitamin D, dan vitamin B kompleks.

Asam folat juga terkandung dalam telur, asam folat merupakan nutrisi terpenting untuk mencegah cacat lahir pada bayi.

2. Sayuran Hijau

Sayur dengan warna hijau mungkin memang terlihat lebih tidak menarik. Namun kamu harus tahu, dalam sayuran berwarna hijau mengandung asam folat dan zat besi yang bagus untuk tubuh.

Zat besi berperan penting dalam siklus menstruasi, membantu ovulasi dan berfungsi untuk mendukung perkembangan sel telur yang sehat.

Serat dalam sayuran juga sangat baik untuk ibu yang sedang mengandung, sebab serat yang terkandung dalam sayur dapat membantu ibu agar tidak terkena wasir dan sulit buang air besar.

3. Ikan

Ikan pada dasarnya kita ketahui mengandung DHA (Docosahexaenoic acid) yang merupakan salah satu asam lemak omega-3 yang baik.  DHA sangat berperan dalam perkembangan sistem saraf, otak dan mata.

Penelitian mengungkapkan bahwa DHA yang terpenuhi saat masa hamil dapat meminimalkan resiko ibu terkena preeklamsia.

Tuna, salmon, lele, dan sarden merupakan sumber omega-3 yang baik.

4. Yogurt

Yogurt adalah salah satu produk olahan dari susu. Yogurt bisa menjadi sumber kalsium yang baik untuk ibu hamil, kalsium sendiri merupakan salah satu mineral yang penting dalam pertumbuhan tulang pada janin.

Mengkonsumsi makanan dengan kandungan kalsium tinggi juga sangat membantu ibu hamil untuk menjaga kesehatan tulang agar tidak mudah sakit saat harus menahan beban kehamilan dan menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari osteoporosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *