Manfaat Yang Didapatkan Dengan Tidur Siang Selama 45 Menit

Manfaat Yang Didapatkan Dengan Tidur Siang Selama 45 Menit

Dalam melakukan aktivitas sehari-hari seringkali tubuh kita merasa lelah, apalagi ketika siang hari. Belum lagi udara panas dan terik semakin membebani tubuh dan pikiran.

Saat melakukan aktivitas, tubuh juga memerlukan waktu untuk beristirahat. Salah satu cara paling efektif adalah dengan tidur siang. Perlu menjadi catatan, tidur siang yang dilakukan tidak perlu lama, hanya berkisar antara 45 menit hingga 1 jam saja. Jika terlalu lama justru akan menjadi hal buruk bagi tubuh seperti kesulitan tidur saat malam hari.

Hasil gambar untuk tidur siang

Manfaat pertama yang bisa kita dapatkan saat tidur siang adalah memperkuat otak untuk menyimpan informasi. Otak yang mendapatkan waktu beristirahat tentu akan berdampak pada kesehatan otak itu sendiri. Semakin sehat otak kita, maka daya ingat kita juga akan semakin meningkat.

Menurut Axel Mecklinger, seorang ahli yang berasal dari Saarland University Jerman menjelaskan bahwa ketika tubuh sedang beristirahat atau sedang tidur siang, otak kita akan masuk kedalam mode sleep spindle. Dengan adanya proses sleep spindle maka otak dapat lebih cepat dalam mempelajari hal-hal yang baru.

Gambar terkait

Selain itu tidur siang juga dapat mempengaruhi mood seseorang. Ini dikarenakan saat kita tidur siang, otak akan memproduksi hormon serotonin. Hormon ini mengatur rasa senang dari seseorang. Semakin tinggi hormon serotonin dalam otak, maka orang tersebut juga akan semakin senang.

Itu dia beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika tidur siang, tapi ingat ya, jangan sampai melupakan pekerjaan kita karena tidur siang. Cukup 45 menit hingga satu jam saja maka tubuh akan kembali fresh untuk melanjutkan aktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *