Seberapa Berbahayakah MSG Bagi Kesehatan Tubuh ?

Seberapa Berbahayakah MSG Bagi Kesehatan Tubuh ?

Salah satu bumbu masak yang biasanya ada di dapur dan sangat mudah ditemukan di pasaran adalah MSG atau penyedap rasa. MSG ( Monosodium Glutamat ) merupakan bahan yang dipakai untuk memberikan rasa sedap pada makanan. Selain dapat meningkatkan rasa masakan, MSG juga memiliki dampak negatif bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.

Dampak negatif yang paling terkenal adalah merusak jaringan otak. Ini dikarenakan zat yang ada pada MSG dapat merusak kinerja otak dalam menilai suatu rasa sehingga nafsu makan seseorang bisa terganggu dan menjadi tidak wajar. Terlalu banyak mengkonsumsi MSG dapat membuat otak menjadi lemah yang berakibat pada hilangnya konsentrasi kita.Gambar terkait

Selain melemahkan fungsi otak, penggunaan MSG juga dapat berpengaruh pada kualitas kecerdasan anak. Semakin banyak seorang anak mengkonsumsi MSG, maka tingkat kecerdasannya juga akan semakin menurun.

Penggunaan MSG dalam jumlah banyak juga dapat merusak hati. Kandungan MSG yang terlalu banyak dapat melukai hati dan menyebabkan peradangan pada dinding hati.

MSG juga dapat menyebabkan kegemukan. Memang tidak berdampak langsung pada kegemukan seseorang, tetapi meningkatkan nafsu makan dapat berakibat pada penumpukan asupan sehingga membentuk lemak di dalam tubuh. Lemak yang tidak terbakar akan terus tertimbun dan menjadi racun bagi tubuh. Jika sudah terkena obesitas, maka penyakit berbahaya lainnya juga bisa menyerang kita, misalnya saja serangan jantung dan stroke.