Stevia - Si Manis Berkalori Rendah Yang Aman Tuk Dikonsumsi

Stevia – Si Manis Berkalori Rendah Yang Aman Tuk Dikonsumsi

Bagi penderita obesitas dan diabetes, mengkonsumsi gula adalah hal yang terlarang dan sangat berbahaya. Meski begitu, bukan berarti penderia diabetes dan obesitas tidak bisa mengkonsumsi makanan yang manis, pasalnya ada satu bahan yang bernama stevia yang terbukti aman untuk dikonsumsi. Rasanya yang manis dan rendah kalori membuatnya menjadi pengganti gula yang tepat, khususnya bagi penderita diabetes.

Stevia merupakan pemanis yang diekstrak dari daun tanaman yang bernama Stevia Rebaudiana. Stevia dapat memberikan rasa manis berkat adanya kandungan steviol glycosides yang ada didalamnya. Bahkan Stevia terasa 30 kali lebih manis dari sukrosa atau gula biasa.

Karena rasanya yang amat sangat manis, jumlah stevia yang harus digunakan untuk mendapatkan rasa manis juga lebih sedikit, kita ambil contoh saja, kita kalian membutuhkan dua sendok teh gula untuk memberikan rasa manis pada secangkir teh, maka kalian hanya perlu menggunakan 1 sendok teh stevia saja untuk mendapatkan rasa manis yang sama, jauh lebih sedikit bukan ?.

Meski rasanya sangat manis, namun stevia tidak mengandung kalori, kalaupun ada, kalori tersebut biasanya berasal dari campuran makanan lainnya. Didalam satu sendok teh stevia hanya terkandung 0 kalori dan 1 gram karbohidrat saja.

Oleh karena itu Stevia sangat aman dikonsumsi oleh mereka yang punya catatan kesehatan diabetes ataupun obesitas. Selain itu Stevia juga sangat baik dikonsumsi karena dapat menyehatkan ginjal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *