Arti Dibalik Warna Urine Manusia

Arti Dibalik Warna Urine Manusia

Urine merupakan cairan yang dikeluarkan tubuh yang bertujuan untuk membuang racun dan zat sisa dalam darah. Zat dan racun yang dibuang tersebut dapat mempengaruhi warna urine yang dikeluarkan. Sebenarnya warna urine dapat menjadi indikator dan gambaran tentang kondisi kesehatan tubuh. Oleh karena itu kalian perlu tahu arti dibalik warna urine yang dikeluarkan oleh tubuh.

Untuk warna cokelat tua biasanya berkaitan langsung dengan kesehatan hati, ginjal, saluran kemih serta anemia hemolitik. Terkadang warna ini juga disebabkan oleh konsumsi obat-obatan, salah satunya adalah obat pencahar.

Untuk warna kuning pekat biasanya disebabkan oleh dehidrasi. Kondisi ini dapat diatasi dengan memperbanyak asupan cairan, seperti minum air putih, mengkonsumsi buah-buahan yang penuh air dan lain sebagainya.

Untuk warna putih pekat ataupun keruh biasanya disebabkan oleh infeksi saluran kemih yang disertai nanah. Kondisi seperti ini disebut juga sebagai Piuria. Penyebabnya karena serangan virus, bakteri dan juga jamur.

Untuk warna hijau ataupun biru biasanya akan membuat banyak orang kaget. Warna ini disebabkan oleh pewarna makanan ataupun efek samping obat-obatan, misalnya sobat asma, antidepresan amitriptilin dan obat bius propofol. Jika dalam beberapa hari warna urine tidak kunjung normal, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Untuk warna merah muda atau merah biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan merah seperti bit, blackberry maupun buah naga. Namun terkadang ada juga kondisi yang disebabkan oleh infeksi saluran kemih yang bercampur darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *