Tips Mencegah Gigi Ngilu Kembali Menyerang

Tips Mencegah Gigi Ngilu Kembali Menyerang

Ketika makan atau minum makanan yang manis, dingin, asam ataupun panas, terkadang gigi akan merasa ngilu. Gigi ngilu atau gigi sensitif disebabkan oleh email gigi yang kian menipis. Email adalah lapisan luar gigi yang berfungsi untuk memberikan perlindungan kepada gigi bagian dalam. Bagian ini terkadang rusak karena kita menyikat gigi yang terlalu keras, makan makanan yang keras dan juga asam. Timbunan plak pada gigi juga dapat menjadi faktor penyebab kerusakan email gigi. Berikut ini adalah tips dan trik yang dapat dilakukan untuk mengatasi gigi ngilu.

Pertama adalah menyikat gigi menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Sudah ada banyak brand dipasaran yang menyediakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Kandungan aluminum lactate, potassium nitrate dan juga isopropul methyphenol dapat mencegah gigi ngilu dan mencegah kerusakan email gigi.

Kedua adalah menggunakan sikat gigi yang lembut. Perlu kalian ketahui, gigi yang sensitif harus disikat menggunakan sikat gigi dengan bulu lembut. Hal ini dilakukan agar lapisan email tidak semakin rusak. Sikat gigi dengan bulu yang kasar berpotensi memperburuk kondisi email gigi.

Ketiga adalah menghindari konsumsi makanan yang terlalu manis atau terlalu asam. Makanan asam dan manis dapat mengikis email gigi sehingga dapat mempeparah kondisi gigi yang sudah rusak. Oleh karena itu makanan ini perlu dihindari. Makanan yang terlalu panas ataupun dingin juga perlu dihindari.

Itu dia tiga tips mencegah gigi ngilu kembali menyerang. Selalu jaga kondisi kesehatan gigi agar terhindar dari berbagai penyakit gigi yang berbahaya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *