Pengawet Berbahaya Yang Sering Ditemukan Dalam Makanan Kemasan

Pengawet Berbahaya Yang Sering Ditemukan Dalam Makanan Kemasan

Tidak dapat dipungkiri, dari tahun ke tahun penggunaan bahan pengawet dalam makanan semakin banyak ditemukan. Bahkan tidak sedikit produsen yang menggunakan pengawet berbahaya kedalam produk yang mereka jual. Yuk kita bahas jenis pengawet berbahaya yang sering digunakan oleh produsen makanan.

Pertama adalah Sodium benzoate atau lebih dikenal dengan nama natrium benzoate. Pengawer jenis ini sering digunakan pada produk makanan serta makanan olahan. Padahal menurut penelitian yang dilakukan sejumlah pihak, mengkonsumsi zat pengawet ini dalam jangka waktu panjang dapat meningkatkan resiko kanker.

Kedua adalah Sodium nitrate atau natrium nitrat. Pengawet ini sering ditemukan dalam makanan olahan seperti daging olahan, daging kalengan, sosis, dendeng, ikan dan juga ham. Menurut penelitian, pengawet jenis ini dapat merusak pembuluh darah dan mempersempit arteri. Selain itu zat pengawet ini dapat mempengaruhi tubuh dalam mengontrol jumlah gula yang masuk sehingga berpotensi menyebabkan diabetes.

Ketiga adalah TBHQ. Pengawet ini dikenal sebagai tertiary butylhydroquinone atau tert-butylhydroquinone. Biasanya pengawet ini sering ditemukan pada produk minyak nabati, biskuit, mie instan, makanan beku dan juga makanan cepat saji. Pengawet ini sangat berbahaya bagi kesehatan karena dapat merusak hati, saraf dan meningkatkan resiko terkena tumor. Selain itu mengkonsumsi TBHQ dalam jumlah banyak dapat mempengaruhi perilaku seseorang menjadi hiperaktif, terutama pada anak-anak.

Cermatlah dalam pemilihan produk pangan untuk dikonsumsi karena banyak produk yang menggunakan pengawet berbahaya yang dapat merusak fungsi organ yang ada didalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *