Polemik: Nasi Putih Dan Mie Instan, Mana Yang Lebih Berbahaya ?

Polemik: Nasi Putih Dan Mie Instan, Mana Yang Lebih Berbahaya ?

Banyak perdebatan mengenai mana yang lebih baik untuk dikonsumsi antara nasi dan juga mie instan. Kali ini kita akan membahas lebih dalam terkait permasalahan tersebut.

Untuk sajian mie instan sebvanyak 35 – 40 gram terkandung kalori sebanyak 190 – 200 kalori, sedangkan untuk nasi putih dengan jumlah yang sama hanya mengandung 46 kalori. Dari sini kita sudah bisa melihat perbandingan kalori antara nasi putih dengan mie instan dimana kandungan kalori pada mie instan jauh lebih besar 4x lipat ketimbang nasi.

Selain mengandung kalori yang besar, mie instan juga memiliki kandungan sodium ataupun garam yang tinggi. Kandungan tersebut dapat membuat ginjal bekerja lebih keras. Mengkonsumsi zat tersebut dalam jumlah yang berlebihan dapat berpengaruh pada tekanan darah, stroke serta gangguan jantung.

Namun bukan berarti nasi aman untuk dikonsumsi berlebihan. Nasi juga dapat memicu banyak penyakit, salah satunya adalah diabetes. Masyarakat Eropa bahkan mengkonsumsi nasi kurang dari 5 kali dalam seminggu.

Sebenarnya mie instan dan nasi tetap boleh dikonsumsi, namun dalam takaran yang tepat. Pernah mendengar tentang panduan piring makan ? Jika belum, panduan piring makan itu memiliki porsi untuk setiap makanan yang dikonsumsi, misalnya jumlah karbohidra tidak boleh melebihi 1/4 piring, jumlah protein tidak boleh lebih dari 1/4 piring serta 1/2 piring lainnya harus diisi oleh sayuran dan buah.

Jadi bagi kalian yang merasa lapar dan ingin makan, alangkah baiknya untuk menggantinya ke produk makanan dari biji-bijian karena mengandung serat tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *