Penyebab Kotoran Saat BAB Memiliki Aroma Yang Bau

Penyebab Kotoran Saat BAB Memiliki Aroma Yang Bau

Memang sih, namanya kotoran itu pasti memiliki aroma yang tidak sedap. Tapi kadang ketika manusia buang air besar ( BAB ), aroma tidak sedap yang dihasilkan jauh lebih tajam dari biasanya. Kondisi ini ternyata dipicu oleh beberapa penyebab loh, sudah tahu belum apa penyebabnya ?

Menurut Anish Sheth, M.D, ada empat penyebab yang biasanya membuat aroma BAB menjadi lebih bau. Penyebab pertama adalah kebanyakan makan. Ketika tubuh menerima zat sulfur yang banyak ( biasanya terkandung dalam susu, bawang, daging, dan lain sebagainya ), sistem pencernaan membutuhkan waktu lebih untuk mencernanya. Ketika mencerna makanan, gas sulfur ini akan berkumpul sehingga bau pada kotoran akan semakin menyengat.

Yang kedua adalah junk food. Menurut Gina Sam, M.D yang merupakan direktur pusat motiltias gatrointestinal di Mount Sinai Hospital, mengkonsumsi junk food dalam jumlah banyak juga berpengaruh terhadap aroma kotoran yang dikeluarkan. Alasannya mirip dengan penyebab pertama, selain itu sistem pencernaan membutuhkan waktu 3x lebih lama untuk menguraikan junk food.

Yang ketiga karena masalah pencernaan. Salah satunya karena kekurangan serat. Tubuh yang kekurangan serat akan membuat sistem pembuangan menjadi tersendat, akibatnya kotoran akan tertahan lebih lama didalam sistem pembuangan. Semakin banyak kotoran yang menumpuk tentu bau yang dihasilkan juga akan semakin bau bukan ? Selain itu mengkonsumsi obat pasca sakit juga akan berpengaruh langsung terhadap aroma kotoran yang dikeluarkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *