Apa Itu Herpes HSV 1 dan HSV 2 ?

Apa Itu Herpes HSV 1 dan HSV 2 ?

Herpes merupakan penyakit kelamin yang cukup berbahaya. Herpes seringkali menyerang orang yang sering melakukan hubungan dengan berganti-ganti pasangan tanpa memikirkan kebersihan bagian alat kelamin. Ada dua jenis herpes yang dapat menyerang alat kelamin, pertama adalah Herpes Simplex dan kedua adalah Herpes Zoster. Kedua jenis ini disebabkan oleh virus yang sama, yakni virus herpes. Kita akan membahas mengenai Herpes Simplex.

Herples Simplex memiliki dua jenis, yakni HSV-1 dan HSV-2, lalu apa sih perbedaannya ?

Untuk HSV-1 atau tipe satu lebih dikenal dengan nama Herpes Simplex Virus-1. Virus yang satu ini biasanya menyerang bagian mulut kelamin serta pinggang keatas. Infeksi yang disebabkan virus ini tergolong umum. Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika, 30-90 orang yang terkena herpes jenis ini adalah orang dewasa. Virus herpes 1 juga bisa muncul tanpa gejala yang terlihat. Beberapa bagian lainnya yang bisa terserang virus ini adalah leher, bibir, pinggang hingga bagian atas tubuh lainnya.

Untuk HSV-2 atau Herpes Genital, biasanya daerah yang diserang adalah bagian pinggang kebawah. Menurut penelitian, virus HSV-2 dapat menular melalui udara, namun hubungan seks juga menjadi salah satu faktor penyebaran virus ini. HSV-2 biasanya menyerang daerah dubur dan juga vagina. HSV-2 tidak bisa disembuhkan, ia dapat kembali muncul setelah melakukan pengobatan. Untuk wanita, gejalanya tidak begitu terlihat, namun bagi pria kita bisa langsung mendeteksi terlebih lagi jika sudah parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *