Tips Cegah Infeksi Jamur Vagina Pada Ibu Hamil

Tips Cegah Infeksi Jamur Vagina Pada Ibu Hamil

Jamur pada daerah vagina biasanya dapat memberikan rasa gatal dan iritasi yang sangat mengganggu, terutama bagi ibu hamil. Untuk mencegah infeksi karena jamur vagina, ibu hamil dapat melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Kenakan pakaian longgar dan terbuat dari bahan alami

Jangan mengenakan pakaian yang ketat selama hamil, gunakan pakaian dari bahan sintetis agar bagian kewanitaan mendapatkan udara sehingga jamur tidak akan berkembang biak dengan cepat. Selain itu tidur tanpa mengenakan celana juga baik karena dapat memberikan sirkulasi udara pada bagian kewanitaan.

2. Gunakan pakaian kering

Jangan sampai mengenakan pakaian yang lembab. Jamur akan lebih cepat berkembang jika udara lembab. Jika sudah lembab karena keringat, segera ganti pakaian agar jamur tidak berkembang.

3. Hindari produk beraroma

Biasanya untuk membuat daerah kewanitaan menjadi harum, banyak ibu hamil yang menggunakan bahan beraroma, justru hal ini dapat memperburuk keadaan dan dapat menyebabkan infeksi karena memiliki Ph yang berbeda.

4. Jangan gunakan pembersih vagina

Ketika sedang hamil, jangan gunakan pembersih vagina, jika sehabis buang air kecil, siram bagian vagina dari bagian depan ke belakang secara berulang hingga vagina bersih.

5. Kurangi konsumsi yoghurt dan gula

Bagi ibu hamil, jangan sampai mengkonsumsi yoghurt dan gula secara berlebihan. Kandungan Lactobacoillus acidophilus dan gula dapat mempercepat proses perkembangbiakan jamur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *