Kenali Lebih Dalam Tentang Batu Ginjal

Kenali Lebih Dalam Tentang Batu Ginjal

Batu ginjal adalah penyakit ginjal yang paling sering terdengar. Batu ginjal adalah kondisi dimana ginjal yang ada didalam tubuh dipenuhi oleh batu-batu kecil. Gejala batu ginjal adalah rasa sakit seperti tertusuk pisau pada bagian perut bawah serta kencing yang mengeluarkan darah.

Pengobatannya ada beberapa cara, jika batu ginjal masih kecil, biasanya pihak medis akan menggunakan obat berbentuk tablet. Nantinya obat ini akan menghancurkan batu ginjal menjadi serpihan yang lebih kecil agar dapat dikeluarkan melalui urin.

Namun jika batu ginjal sudah berbentuk lumayna besar, biasanya akan dilakukan pengobatan SWL. Pihak medis akan menembakkan gelombang suara dari luar dinding perut. Gelombang ini akan menghancurkan batu yang ada didalam ginjal tadi.

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan operasi kecil dan memasukkan kamera kecil yang sudah dilengkapi dengan tentakel penjepit. Tentakel penjepit ini akan menarik keluar batu yang ada didalam ginjal.

Jika cara ketiga masih gagal, maka akan dilakukan PCNL. Pada bagian punggung akan dibolongi sekitar 1 centimeter. Nanti akan dimasukkan alat penyedot, gunanya untuk menyedot batu yang ada didalam ginjal.

Jika PCNL masih gagal, maka langkah terakhir adalah operasi besar pada bagian perut. Ingatlah, batu ginjal tidak bisa terbentuk secara langsung, ada pemicunya. Untuk menghindari batu ginjal, biasakan untuk minum air putih secara rutin sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jauhi makanan dan minuman yang terlampau manis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *