Sudah Tahu Penyebab Datangnya Ketombe Pada Kulit Kepala ?

Sudah Tahu Penyebab Datangnya Ketombe Pada Kulit Kepala ?

Ketombe sebenarnya bukanlah penyakit melainkan kulit kepala yang terkelupas akibat jamur. Bagi sebagian orang ketombe adalah permasalahan serius. Banyak orang yang kehilangan kepercayaan diri karena serangan ketombe, bagaimana tidak, saat kita menggaruk kepala, kulit kepala yang terkelupas juga akan ikut jatuh sehingga membuat kotor baju kita.

Banyak cara yang ditempuh untuk menghilangkan ketombe dari kepala, salah satu cara paling sederhana yang sering dilakukan adalah menggunakan shampoo anti ketombe. Tetapi bukannya menghilang, ketombe justru semakin parah. Oleh sebab itu pahami penyebab ketombe terlebih dahulu agar dapat memutuskan perawatan apa yang tepat untuk mengatasi ketombe.

Penyebab ketombe :

1. Salah satu penyebab paling umum adalah jarang keramas. Mencuci rambut dapat membuang kulit kepala yang terkelupas sehingga kepala menjadi lebih bersih. Kalian bisa menggunakan shampoo anti ketombe untuk menghilangkan ketombe yang membandel.

2. Terlalu sering keramas juga dapat menyebabkan ketombe. Mengapa demikian ? Karena jika terlalu sering keramas, rambut tidak mendapatkan cukup waktu untuk memproduksi minyak rambut. Minyak rambut sangat dibutuhkan oleh kulit kepala untuk melembabkan kulit agar tidak kering.

3. Kulit kering juga menjadi penyebab datangnya ketombe. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, ketombe merupakan kulit kepala yang lepas. Jadi saat kulit kepala kering maka resiko terkena ketombe akan semakin besar.

4. Shampoo dan conditioner yang tidak cocok dengan rambut juga dapat menyebabkan ketombe. Jika sudah menggunakan berbagai merk shampoo dan conditioner masih tidak ada perubahan, penderita bisa mencoba untuk konsultasi dengan ahli kesehatan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

5. Jamur malassezia. Sebenarnya jika dalam jumlah sedikit, jamur ini tidak akan berpengaruh pada kesehatan kulit kepala, tetapi jika pertumbuhannya terlalu banyak maka dapat menyebabkan ketombe.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *