Lima Macam Antibiotik Yang Paling Sering Digunakan Di Indonesia

Lima Macam Antibiotik Yang Paling Sering Digunakan Di Indonesia

Hingga saat ini, meski sering digunakan, namun tidak banyak orang yang paham dan mengetahui jenis-jenis antibiotik yang ada dipasaran.

Seperti yang kita tahu, antibiotik merupakan obat yang dapat membunuh virus dan bakteri didalam tubuh. Hingga saat ini, antibiotik masih sering digunakan dalam dunia medis.

Oleh karena itu kita perlu tahu setidaknya lima jenis antibiotik yang paling sering digunakan di Indonesia.

1. Amoxicillin

Antibiotik yang satu ini masuk kedalam golongan penicilin, mungkin lebih sepesifiknya masuk kedalam golongan aminopenicillin. Penggunaan amoxicillin sangatlah luas, biasanya digunakan untuk infeksi kulit, gigi, telinga, saluran nafas serta saluran kemih.

2. Cefadroxil

Bisa dibilang cefradoxil merupakan nenek moyang dari antibiotik golongan cephalosphorin yang sistem kerjanya mirip dengan amoxicillin. Penggunaannya juga mirip dengan amoxicillin.

3. Erythromicyn

Untuk antibiotik jenis ini masuk kedalam golongan makrolid yang dikhususkan bagi mereka yang memiliki alergi terhadap amoxicillin. Sering digunakan untuk pengobatan pneumonia atipik.

4. Ciprofloxacin

Antibiotik jenis ini masuk kedalam golongan floroquinolon dan menjadi yang paling mutakhir saat ibni. Untuk antibiotik ini biasanya digunakan dalam pengobatan infeksi kemih, saluran nafas ( sinusitus, pneumonia, bronkitis ) dan juga infeksi pada kulit.

5. Tetrasiklin

Antibiotik ini terkenal untuk mereka yang bekerja dalam dunia malam ( seks ). Antibiotik ini sangat efektif untuk pengobatan masalah kelaim seperti chlamydia dan gonorrhea ( kencing nanah ). Penggunaan ini mulai dibatasi oleh pemerintah karena dapat menambah resistensi kuman gonorrhea.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *