Cara Menangani Syaraf Terjepit Melalui Tindakan Medis Maupun Non Medis

Cara Menangani Syaraf Terjepit Melalui Tindakan Medis Maupun Non Medis

Istilah penggunaan kata Saraf Terjepit biasanya digunakan pada saat kita mengalami rasa nyeri yang luar biasa tajam dan hebat di bagian tulang belakang atau pada bagian leher.

Padahal sebenarnya saraf pada tulang belakang jarang terjepit secara fisik. Hal yang sering terjadi adalah Saraf yang terhimpit, sendi tulang yang teriritasi, meradang, kejang atau tertusuk.

Namum pada hal-hal demikian akan terjadi sakit ataupun nyeri yang luar biasa pada penderitanya, ada beberapa cara untuk menangani hal tersebut baik dari segi segi perawatan di rumah ataupun perawatan dengan tenaga medis profesional.

Cara menangani saraf terjepit tanpa tenaga medis profesional

1 Tunggu dan Bersabarlah

Saraf yang terhimpit di tulang servikal (atau di sebut kejang leher) biasanya terjadi secara dadakan dan berhubungan dengan trauma cedera ataupun lecutan yang secara tiba-tiba.

Lebih mengurangi gerakan leher dan usahakan leher dan kepala selalu dalam pandangan lurus untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi. Jika terjadi nyeri secara terus menerus anda dapat mengompres dengan air hangat, ataupun memakan obat anti nyeri atau obat yang mengandung paracetamol.

Hasil gambar untuk syaraf terjepit

2 Ubah rutinitas dan memperbanyak olahraga

mengubah rutinitas sangat perlu apabila anda mengalami saraf terjepit pada leher, di usahakan lebih mengurangi pekerjaan yang harus menekuk leher. Tidak menggerakkan leher sama sekali adalah suatu kesalahan juga.

Olahraga yang di lakukan apabila saraf terjepit adalah mengerakan kepala anda ke kanan dan ke kiri, kemudian atas dan bawah tetapi di lakukan dengan sangat pelan, dan jika nyeri berlanjut segera hentikan aktivitas olahraga.

Dengan mengerakan kepala ke beberapa arah tersebut, dapat pelan-pelan membuat saraf yang terjepit kembali pada posisi normal dan aliran darah kembali lancar.

Cara menangani saraf terjepit dengan tenaga medis profesional

1 kunjungi dokter spesialis saraf

jika pengobatan di rumah masi belum cukup ada baiknya anda segera konsultasi kepada ahlinya. Dokter Spesialis dan profesional dapat mengecek secara pasti apa penyebab pasti dari penyakit yang anda derita. Foto sinar x, MRI, CT Scan, pemindaian tulang adalah beberapa hal yang akan di lakukan oleh dokter untuk mendiagnosa penyakit anda.

2 Fisioterapis

adalah teknik untuk pembukaan sela tulang belakang yang terjepit, banyak cara dapat di lakukan oleh Fisioterapis profesional.

3 Operasi

Operasi di lakukan apabila kondisi diatas sudah tidak dapat dilakukan lagi, dan ini adalah cara terakhir untuk menghilangkan sakit pada saraf terjepit.

cara yang paling di anjurkan adalah dengan konsultasi dengan dokter spesialis osteopath atau chiropractor untuk menentukan penyebab leher yang nyeri sebelum mengambil keputusan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *