Apakah Tes Mata Sejak Dini Itu Penting ?

Apakah Tes Mata Sejak Dini Itu Penting ?

Banyak orang yang mengira tes mata hanya ditujukan bagi mereka yang punya masalah pada penglihatan saja. Padahal tes mata juga bisa mendeteksi berbagai macam penyakit mata sebelum ada gejala yang muncul.

Kalian harus tahu, ada begitu banyak penyakit mata yang datang tanpa adanya gejala yang jelas. Oleh karena itu, tes kesehatan mata sangat penting dilakukan, tujuannya adalah untuk melihat apakah ada gangguan pada mata, termasuk fase awal sehingga dapat ditangani sebelum penyakit mata menjadi parah.

Menurut salah satu dokter mata, kondisi mata juga bisa menjadi indikator adanya penyakit lainnya didalam tubuh, mulai dari diabetes, tumor, bahkan stroke. Untuk mata kering bisa menjadi indikator penyakit tiroid, rheumatoid arthritis, dan juga lupus, sedangkan gerakan mata yang tida biasa juga dapat menjadi indikator penyakit multiple sclerosis.

Selain itu tes mata juga dilakukan untuk mencari saraf mata yang rusak setelah terkena stroke, kecelakaan pada bagian kepala, ataupun kondisi lainnya yang dapat menghambat alirah darah ke otak. Terlebih lagi bagi mereka yang bekerja di bidang elektronik, transportasi, militer ataupun pekerjaan yang mengharuskan pekerjanya membedakan warna setiap hari, alangkah baiknya untuk mengecek kesehatan mata secara rutin.

Ingatlah, pemeriksaan mata tidak hanya ditujukan bagi mereka yang mengenakan kacamata saja, bahkan bagi kalian yang merasa mata kalian sedang dalam kondisi yang sehat. Lakukan pemeriksaan mata secara rutin untuk mencegah penyakit-penyakit ganas yang dapat merusak kesehatan mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *