Lambung - Organ Kecil Dengan Kekuatan Super

Lambung – Organ Kecil Dengan Kekuatan Super

Lambung merupakan organ tubuh yang dilengkapi dengan rongga kosong dengan otot berlapis yang memiliki volume kira-kira 1 liter namun dapat membesar mengikuti makanan yang dimakan. Lambung juga menjadi organ yang membuat kita bisa merasakan kenyang.

Didalam lambung ada tiga bagian yang sangat krusial, pertama  itu merupakan bagian yang bertugas menghasilkan cairan asam yang pH nya 1,5. Cairan ini dikenal dengan nama asam lambung. Fungsi dari asam lambung adalah untuk menghancurkan makanan yang masuk.

Lalu kenapa lambung bisa menahan cairan yang begitu ganas ? Nah, itu dikarenakan lambung memiliki bagian kedua yang dinamakan Mukus Bikarbonat. Dinding ini sangat kuat dan dapat melindungi organ lainnya dari keganasan cairan asam lambung.

Dan bagian ketika adalah otot LES. Otot ini hampir terlupakan dan sering dianggap tidak ada. Padahal fungsinya sangat dahsyat, yakni untuk menahan makanan agar tidak naik kembali ke mulut dan dapat menahan asam lambung agar tetap berada di tempatnya. LES sendiri merupakan kependekan dari Lower Esophageal Sphincter.

Nah kalau sampai bagian kedua dan ketiga tadi sudah tidak bisa menahan asam lambung, apa yang akan terjadi ? Dinding lambung akan luka ( mirip dengan sariawan ), dan jika sudah parah, dinding usus bisa terluka dan mengeluarkan darah ( BAB darah atau BAB menghitam ).

Untuk menghindari hal tersebut, jangan lupa untuk menjaga kesehatan lambung. Konsumsi makanan yang sehat dan kurangi makanan yang asam. Terlambat makan juga dapat membuat lambung kita rusak loh ! Yuk jaga lambung kita, jangan biarkan organ yang hebat ini sampai rusak !

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *