Atasi Sengatan Ubur-Ubur Dengan Cepat Dan Benar

Atasi Sengatan Ubur-Ubur Dengan Cepat Dan Benar

Ubur-ubur merupakan hewan air yang mempunyai bentuk seperti agar agar dan bertentakel. Hewan ini sekilas tampak unik dan lucu namun sengatan dari tentakel yang dimiliki oleh hewan tersebut sangat berbahaya jika tidak di tangai dengan cepat.

Tentakel pada ubur-ubur di penuhi oleh kantong-kantong yang berisi racun. Sengatan ubur-ubur bisa menyebabkan nyeri bahkan dapat mengancam nyawa manusia. Ubur-ubur tergolong hewan laut yang dapat berenang bebas dan tidak agresif. Meskipun demikian kita perlu mewaspadai kehadiran ubur-ubur tersebut saat sedang melakukan aktivitas liburan di laut. Beberapa tips yang bisa dilakukan jika kita tersengat ubur-ubur adalah sebagai berikut:

1. Keluar dari air laut secepatmungkin.

2. Menghentikan sengatan secepat mungkin dengan cara membasuh area sengatan dengan cuka selama 30 detik setelah itu tentakel yang melekat pada bagian tubuh harus dicabut dengan hati hati menggunakan pinset. Area yang sudah bersih dari tentakel harus di basuh dengan air panas selama 20 menit untuk mencegah terjadinya infeksi.

3. Rasa tidak nyaman seperti nyeri, gatal dan bengkak harus segera diobati dengan mengkonsumsi obat antihistamin.

4. Untuk mengatasi sengatan ubur-ubur yang parah maka kita harus melakukan kompres es untuk meringankan rasa nyeri yang ada setelah mengkonsumsi antihistamin. Luka akibat sengatan ubur-ubur harus di jaga secara rutin dengan memakai salep antibiotik setiap tiga kali sehari. Luka tersebut bisa di perban ataupun di biarkan terbuka namun kebersihan di area luka harus tetap terjaga agar tidak terjadi infeksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *