Ketahui Nyamuk Yang Berbahaya Untuk Kesehatan

Ketahui Nyamuk Yang Berbahaya Untuk Kesehatan

Serangga kecil yang bersifat seperti hama atau parasit adalah nyamuk. Meski ukurannya sangat kecil, namun nyamuk dapat menjadi saluran penyebaran penyakit yang sangat berbahaya. Coba kalian bayangkan, sudah ada berapa banyak kasus kematian yang disebabkan oleh gigitan nyamuk ?

Menurut Dr.dr Leonard Nainggolan SpPD-KPTI, ada tiga jenis penyakit yang paling sering ditularkan oleh nyamuk, ketiga penyakit itu adalah malaria, demam berdarah dan juga filariasis. Nah, untuk menghindari ketiga penyakit tadi, kita perlu tahu jenis-jenis nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya tersebut.

Nyamuk pertama adalah Culex. Biasanya nyamuk culex berkembang biak di daerah seperti saluran air, septic tank, got, genangan hujan, tempat lembab dan gelap dan juga sekitaran rumah yang jarang terkena sinar matahari. Penyakit yang perlu kalian waspadai dari nyamuk ini adalah kaki gajah atau elephantiasis. Nyamuk ini menyebarkan parasit yang bernama filaria melalui gigitannya. Parasit ini akan memblokir jalannya pembuluh limfa di area kaki dan lengan. Kaki atau lengan yang terserang akan membengkak dan kemerahan sehingga disebut sebagai kaki gajah.

Nyamuk kedua adalah nyamuk Anopheles. Untuk nyamuk jenis ini, parasit yang dibawa adalah plasmodium. Parasit ini merupakan parasit yang dapat menyebabkan malaria. Sudah tahu bukan betapa menyeramkannya penyakit malaria ? Untuk penyebarannya sendiri hanya dilakukan oleh betina saja. Nyamuk ini juga senang dengan tempat yang memiliki kelembapan mencapai 60%. Nyamuk ini sangat aktif di malam hari sekitar pukul 17.00 hingga 23.00.Untuk menghindari nyamuk jenis ini, sangat disarankan untuk menggunakan kelambu.

Nyamuk ketiga adalah nyamuk Aedes Aegypti. Seperti yang kita tahu, nyamuk ini merupakan nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit mematikan demam berdarah. Berbeda dengan nyamuk lainnya yang aktif di malam hari, nyamuk aedes aegypti justru lebih aktif di siang hari. Tidak hanya itu saja, nyamuk jenis ini juga dapat menularkan virus yang bernama Zika. Virus ini dapat menyebabkan cacat janin jika menyerang ibu yang sedang hamil.

Oleh karena itu, kita perlu secara rutin membersihkan area tempat tinggal kita agar terhindar dari serangan nyamuk berbahaya diatas. Ingat, lingkungan yang bersih adalah langkah awal untuk hidup lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *