Perbandingan Gizi Daging Sapi Dan Daging Kambing

Perbandingan Gizi Daging Sapi Dan Daging Kambing

Hari Idul Adha selalu diramaikan dengan kurban sapi dan kambing. Di hari suci tersebut para umat muslim akan menyalurkan kurban berupa sapi dan kambing kepada masjid yang ada di sekitar rumah mereka. Sapi dan kambing yang berkualitas adalah pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai hewan kurban.

Sapi dan Kambing tersebut akan disembelih dan kemudian dagingnya akan dibagikan secara merata kepada setiap masyarakat yang ada di sekitar kawasan tersebut. Hewan kurban yang baik tidak terlepas dari gizi yang diberikan untuk tubuh. Untuk 100 gram daging sapi mengandung 217 kalori dengan kandungan lemak 4.2 gram sedangkan untuk daging kambing seberat 100 gram mempunyai kalori 258 dan lemak 8.8 gram.

Lemak yang ada pada daging kambing terbukti lebih banyak dibandingkan dengan daging sapi. Namun lemak yang ada pada daging sapi ini lebih mudah untuk dipisahkan saat pengolahan. Daging kambing juga mempunyai kandungan protein yang lebih baik dan tidak akan lenyap dalam proses pemasakan. Tidak hanya itu saja ternyata daging kambing mempunyai kandungan gizi yang jauh lebih banyak jika di bandingkan dengan daging sapi.

Daging kambing mempunyai kandungan folat yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan daging sapi. Kandungan vitamin seperti vitamin D san vitamin K tidak dimiliki oleh daging sapi. Meskipun daging sapi dan daging kambing sama sama memenuhi kebutuhan nutrisi yang ada dalam tubuh namun berdasarkan penelitian yang dilakukan terbukti bahwa kandungan gizi yang ada pada daging kambing lebih banyak dari pada daging sapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *