Berbagai Manfaat Untuk Kesehatan Dari Jamur Shimeji


Jamur ini biasanya tumbuh di pohon elm, oak atau beech. Manfaat jamur shimeji dikenal untuk kesehatan paru-paru dan organ jantung. Setidaknya 20 spesies jamur shimeji dikenal di seluruh dunia, dengan beberapa yang paling populer adalah jamur shimeji coklat (buna shimeji) dan jamur shimeji putih (bunapi shimeji).

Manfaat Kesehatan Jamur Shimeji

Inilah manfaat jamur shimeji:

Mencegah Infeksi Parasit

Zat protase dalam jamur Shimeji dikatakan dapat membasmi cacing parasit. Parasit dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Jika Anda terinfeksi, Anda mungkin mengalami gangguan pencernaan seperti diare, muntah dan tinja berdarah.

Memiliki sifat anti jamur

Jamur shimeji mengandung senyawa hyspin yang diyakini memiliki aktivitas antijamur terhadap beberapa jamur patogen penyebab penyakit, seperti Physalospora piricola, Fusarium oxysporum, Mycosphaerella arachidicola, dan Botrytis cinerea.

Membantu Meringankan Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Manfaat potensial lain dari jamur shimeji adalah mengandung oligopeptida yang dikatakan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Berkat ramuan tersebut, jamur shimeji dipercaya dapat membantu mengurangi risiko stroke pada penderita hipertensi. Penelitian pada hewan di Jepang menunjukkan bahwa manfaat jamur shimeji dalam mencegah stroke adalah karena sifat anti-aterosklerotiknya, yang dapat mengurangi pembentukan plak di pembuluh darah.

Kaya akan Antioksidan

Jamur Shimeji kaya akan antioksidan, termasuk fenol, flavonoid, fenolat, steroid, dan asam askorbat. Senyawa ini dipercaya dapat mengurangi peradangan, mencegah stres oksidatif dan melawan radikal bebas. Antioksidan dalam jamur shimeji juga dianggap bermanfaat untuk memberikan perlindungan terhadap beberapa bakteri penyebab penyakit, seperti Serratia marcescens, Escherichia coli, Bacillus subtilis, dan Staphylococcus aureus.

Berpotensi sebagai Anti Kanker

Cokelat jamur shimeji dilengkapi dengan beberapa senyawa yang diduga dapat menghambat perkembangan sel kanker, seperti glikoprotein marmorin, beta-glukan, hypsiziprenol dan hypsine. Beberapa jenis kanker yang bisa dicegah adalah kanker payudara, kanker paru-paru, kanker hati, hingga leukemia.

Membantu Mengontrol Gula Darah dan Berat Badan

Kandungan senyawa hipsizi prenol, hopsine, polisakarida dan polifenol pada jamur shimeji dipercaya dapat membantu mengurangi penimbunan lemak tanpa mempengaruhi penurunan berat badan.

Jamur Shimeji juga dipercaya dapat menurunkan kadar gula dan meningkatkan kandungan antioksidan, yang membantu melawan obesitas dan resistensi insulin. Sejauh ini, belum ada laporan kerusakan jamur shimeji, antara lain jamur shimeji coklat dan jamur shimeji putih.

Namun, jamur Shimeji cepat busuk setelah dipanen, jadi disarankan untuk menanganinya. Jika jamur shimeji dibungkus dengan plastik, jamur tersebut harus digunakan dalam waktu 5 hari.