Ginjal - Organ Tubuh Yang Punya Kekuatan Super

Ginjal – Organ Tubuh Yang Punya Kekuatan Super

Ginjal adalah organ tubuh yang sangat luar biasa, bahkan bisa dibilang tercanggih yang dimiliki oleh tubuh manusia. Apakah kalian sudah tahu sebesar apa ginjal kita ? Coba kalian kepalkan tangan kalian, kira-kira sebesar itulah ginjal kita. Lalu apa sih yang hebat dari ginjal ?

Jika diibaratkan, ginjal itu seperti mesin cuci. Jadi kalau ada baju yang kotor, kita masukkan kedalam mesin cuci, bajunya akan jadi bersih. Kira-kira itu sepeti itu. Lalu apa sih yang dicuci oleh ginjal ? Jawabannya adalah DARAH, ya DARAH !

Mari kita ambil penjelasan yang lebih mudah. Ibaratkan kalian sedang mencuci piring kotor yang menumpuk di dapur. Piring kotor tersebut terkandung semua kotoran, mulai dari minyak, gula, dan semua sisa bekas makanan yang sudah kita makan.

Lalu hal yang pertama kali akan dilakukan apa ? Tentunya menyalakan keran bukan ? Air yang keluar dari keran ini adalah air yang kita minum sehari-hari. Peranan air yang kita minum adalah membantu ginjal untuk membersihkan kotoran tadi.

Setelah mengalirkan air, tentu kalian membutuhkan sponge dan juga sabun bukan ? Nah terkadang ketika kita mencuci, ada beberapa benda berharga yang jatuh, misalnya saja cincin. Tentu benda tersebut kita ambil dan kita simpan bukan ? Nah sama halnya dengan ginjal, jika ada nutrisi yang ikut masuk, maka nutrisi akan dipisahkan agar dapat digunakan oleh tubuh.

Piring itu adalah darah kita. Darah yang masuk ke ginjal akan dicuci. Semua yang kotor akan dibersihkan. Sedangkan tangan yang mencuci itu adalah Nephron. Di dalam ginjal ada 1 juta tangan yang akan membersihkan setiap darah yang masuk. Nah air kotor bekas cucian itu adalah urin. Urin ini akan dibuang melalui sistem pembuangan kita.

Namun ketika mencuci, terkadang air yang mengalir tersendat. Nah air yang mampet tersebut dikarenakan sampah bukan ? Sampah itu adalah batu ginjal. Batu ginjal ini lama kelamaan akan merusak ginjal. Oleh karena itu, agar pembersihan bisa maksimal, ginjal harus dijaga agar tidak rusak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *