Tindakan Sederhana Tuk Atasi Pilek Pada Bayi

Tindakan Sederhana Tuk Atasi Pilek Pada Bayi

Pilek merupakan penyakit yang ditandai dengan munculnya cairan dari lubang hidung. Jika sudah parah, warna cairan yang keluar dari hidung bisa menjadi kuning ataupun hijau dengan kekentalan yang lebih pekat.

Bagi orang dewasa saja pilek sangat menggangu, apalagi jika yang terserang adalah bayi. Anak bayi sendiri sangatlah sensitif akan obat sehingga penanganan pilek yang harus dilakukan sedikit berbeda dengan orang dewasa.

Jika bayi terserang pilek, coba lakukan beberapa tindakan sederhana berikut ini sebagai tindakan pertama untuk mengobati pilek.

1. Jauhi anak dari ruangan ber AC. Jika bayi memang sudah terbiasa dengan ruangan ber AC, kalian bisa menggunakan pelembap udara yang diberikan sedikit esensial seperti mentol untuk. Tujuannya agar pernafasan bayi dapat lebih lancar. Selain itu, uap air panas juga dapat digunakan untuk mencairkan ingus yang ada pada hidung bayi.

2. Jika lendir atau ingus sudah membandel, coba teteskan air garam ke lubang hidung bayi. Air garam dapat mencairkan ingus sehinga mudah dikeluarkan. Untuk mengeluarkan ingus yang ada pada bayi, kalian bisa menggunakan alat penyedot ingus. Biasanya alat ini dijual di apotik.

3. Berikan tepukan ringan pada bagian punggung bayi. Baringkan bayi dengan posisi duduk ( dipangku ) dengan kepala condong kedepan dengan tujuan ingus akan mengalir keluar.

4. Bersihkan kerak ingus pada hidung menggunakan kain lembut yang sudah diberi air hangat. Bersihkan kerak agar pernafasan bayi tidak tersumbat.

5. Untuk bayi yang sudah berumur diatas 6 bulan, bunda bisa berikan teh yang dicampur dengan sedikit lemon dan madu untuk membantu penyembuhan pilek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *