Makanan Yang Harus Dijauhi Bagi Penderita Maag

Makanan Yang Harus Dijauhi Bagi Penderita Maag

Sakit maag merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja. Biasanya sakit maag terjadi akibat asupan yang salah serta jamĀ  makan yang tidak teratur. Hal ini terjadi akibat naiknya asam yang ada di lambung. Jika sudah parah, asam ini akan melukai dinding lambung sehingga menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. seperti yang sudah kita bahas tadi, berhubung sakit maag dapat terjadi akibat asupan makanan yang salah, maka dari itu kita harus tahu makanan apa saja yang harus kita hindari jika memiliki riwayat sakit maag.

Pertama adalah makanan dan minuman yang memiliki rasa asam, misalnya saja lemon, jeruk nipis, jeruk limau, saus tomat, minumat bersoda dan juga bersifat asam. Jenis asupan ini perlu dihindari karena dapat memicu kenaikan asam lambung dalam tubuh.

Kedua adalah makanan yang pedas. Mengapa demikian ? Karena makanan pedas dapat beresiko meningkatkan resiko iritasi pada dinding lambung yang terluka. Jika sudah iritasi, maka rasa sakit yang dihasilkan akan semakin parah dan menyiksa.

Ketiga adalah produk olahan susu. Susu memiliki kandungan laktosa yang lebih sulit untuk dicerna. Lambung yang sedang terluka akan bekerja lebih keras sehingga memberikan rasa sakit berlebih kepada si penderita. Namun hal ini bukan berarti kalian harus sepenuhnya menjauhi susu, kalian masih boleh mengkonsumsi susu namun dengan takaran yang tidak berlebihan.

Keempat adalah makanan manis dan gorengan. Seperti yang kita ketahui, minyak dapat menyebabkan iritasi pada area luka. Makanan dengan kandungan minyak berlebih juga cenderung sulit untuk dicerna sehingga memberikan beban ekstra pada otot pencernaan.

Kelima adalah minuman berkafein, misalnya saja roti, teh, soda dan lain sebagainya. Kafein dapat meningkatkan asam lambung pada tubuh sehingga dapat memperburuk kondisi lambung si penderita. Itu dia beberapa makanan yang WAJIB dihindari bagi kalian yang memilik riwayat sakit maag.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *